Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Atas

Cara Membuat Es longan Jagung Enak dan Segar

Minuman ini dari kudapan berbahan dasar jagung adalah es jagung manis biji selasih. Minuman segar ini memiliki citarasa segar dan agak mengenyangkan dengan tekstur jagung manis yang empuk serta rasanya yang nikmat.

Apalagi minuman ini ditambah dengan biji selasih yang dipercaya dapat mengobati panas dalam sehingga cocok dinikmati saat anda berbuka puasa maupun saat bersantai. Cara membuat es jagung ini sendiri yang manis nan enak ternyata sangatlah mudah dengan cara membuatnya yang gampang dan tidak terlalu rumit.


Langkah pertama dalam membuat es longan jagung adalah merebus jagung bersama gula pasir hingga jagung matang dan gula larut.Selanjutnya, barulah jagung dicampur bersamaan dengan bahan-bahan lainnya seperti biji selasih yang sudah direndam air panas serta kelapa muda segar. Jika sudah selesai, tinggal anda nikmati bersama keluarga tercinta dirumah.

Bahan dasar utama dalam proses pembuatan es jagung manis ini tentunya adalah jagung manis yang segar yang diparut kecil kecil atau bisa juga diserut menggunakan pisau. Agar minuman ini indah dipandang mata, anda dapat menggunakan biji selasih untuk menambah variasi sehingga lebih cantik dan lebih segar.

Untuk lebih indah lagi kita tambahkan dengan seratan kelapa muda yang membuat minuman ini terasa segar dengan rasa yang gurih khas daging kelapa muda. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu.

Bahan Resep Es Jagung Manis :
  • 1 bh jagung manis ukuran besar
  • 200 gr nata de coco
  • 100 gr kelapa muda serut
  • 100 gr gula pasir
  • 1 sdm biji selasih
  • 500 ml air
  • susu kental manis
  • es batu/es serut secukupnya

Cara Membuat Es Jagung Manis Biji Selasih :
  1. Langkah awal yang harus kita lakukan adalah mengiris jagung, jika susah dan biar cepat kita bisa memparutnya menggunakan
  2. parutan kasar atau bisa juga dengan menggunakan pisau.
  3. Rebus jagung bersama dengan air dan gula pasir hingga jagung matang. Angkat.
  4. Ambil secukupnya air gula rebusan jagung yang sudah kita panaskan untuk merendam biji selasih biar mengembang.
  5. Setelah jagung dingin, siapkan gelas saji dan masukkan jagung rebus bersama air gulanya, nata de coco, kelapa muda serta biji selasih.
  6. Masukkan es serut atau es batu dan siramkan susu kental manis diatasnya.
  7. Es jagung manis biji selasih siap dinikmati.

Ternyata resep es jagung manis cukup simpel ya. Selain nata de coco dan kelapa muda, kita juga bisa mengkreasikan es jagung manis biji selasih bersama dengan buah-buahan seperti leci atau lengkeng, bisa juga menggunakan kesemuanya.

Tentunya rasa yang didapatkan akan lebih maknyuss dan mantap. Nilai plus lainnya, cara membuat es jagung manis sangatlah mudah dan bisa dikreasikan sesuai selera. Selamat berkreasi, jangan lupa share ya !
amelia.hamzah1985@gmail.com
amelia.hamzah1985@gmail.com Nama saya Dalmi