Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan Atas

Cara Membuat Kopi Sanger Dingin dan Panas Enak dan Nikmat

Bila Anda berlibur ke Aceh, pasti tidak terlewatkan kesempatan untuk menikmati kopi dengan racikan khas Aceh di cafe atau warung kopi yang banyak tersebar di berbagai tempat di aceh. nongkrong di kedai kopi memang sudah menjadi gaya hidup masyarakat Aceh yang temurun sejak dulu. Kopi yang paling terkenal di Serambi Mekkah ini paduan antara kopi beserta susu kental manis yang disebut dengan kopi Sanger. 


Hampir ditiap semua kedai kopi di kota ini menyediakan racikan kopi ini. Kopi sanger sudah terkenal namanya diaceh, menurut cerita seorang mahasiswa yang bernama Nawawi, kedai kopi Solong Coffee Ulee Kareng, Banda Aceh memenag tempatnya cikal bakal nama sanger muncul. Nawawi mengatakan sekitar tahun 1983-an warung kopi miliknya merupakan salah satu tempat berkumpul anak muda diaceh. Saat itu kopi ditambah susu tengah naik daun, namun harganya relatif mahal.

Mereka adalah anak-anak kuliah, uang mereka pun terbatas, jadi tidak mampu kalau (harga) segitu, tetapi masih ingin menikmati kopi + susu,” cetus Nawawi saat berdialog dengan surat kabar dalam acara ramah dengan pedagang kopi. 

Akhirnya para mahasiswa pecinta kopi itu mencari agar bisa menikmati kopi + susu dengan harga mereka, Kemudian mereka dibuatkan kopi + susu tersebut dengan racikan susu yang dikurangi. “Mahasiswa menyebutnya  itu kopi sanger, artinya 'sama-sama ngerti'. Kalau harga kopi + susu dulu Rp 1.000, nah kopi sanger itu Rp 700, jadi sama-sama ngerti kantong anak mahasiswa saat itu,” cerita Nawawi. 

Sejak saat itu, nama kopi sanger mulai melebar namanya. Nawawi menyebut hampir di setiap Warung kopi mencantumkan menu tersebut. Namun dia memastikan kopi sanger di Warung kopinya masih jadi favorit.
Langsung saja kita pratekkan dan cara membuatnya sanger yang enak dan manis :

Bahan-bahan
  • 2 sdm biji kopi aceh jenis arabica
  • 5 sdm susu kental manis putih
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 gelas air panas harus mendidih

Cara Membuatnya :
  1. Masukkan kedalam cangkir bubuk kopi
  2. Rebus air sampai benar benar mendidih lalu masukkan ke dalam cangkir yang berisi bubuk kopi (semakin sedikit air semakin kental dan semakin nikmat)
  3. Aduk beberapa saat kemudian saring kopi tersebut hingga beberapa kali
  4. Setelah siap disaring masukkan susu sesuai selera lalu kopi siap dinikmati

Untuk mencicipi kopi sanger dingin atau panas datang saja ke OMA KUPI di Jalan Syiah Kuala , depan stikes bustanul ulum langsa dan minuman segar lainnya yang dapat anda rasakan. 

amelia.hamzah1985@gmail.com
amelia.hamzah1985@gmail.com Nama saya Dalmi